Cara Mudah Dalam Memperbaiki HP Mati Saat Panggilan WhatsApp

HP Mati Saat Panggilan WhatsApp

Pada HP android dibekali dengan berbagai fitur canggih di dalamnya, di mana fitur ini berguna untuk memudahkan berbagai aktivitas harian pengguna. Salah satu fitur canggih yang ada di smartphone android yakni bernama Proximity atau Sensor Jarat.

Fitur ini fungsinya untuk mematikan layar secara otomatis ketika pengguna melakukan panggilan dan mendekatkan perangkat HP ke telinga atau pipi.

Akan tetapi, beberapa pengguna merasa kurang suka dengan layar HP yang mati saat melakukan panggilan tersebut, baik panggilan telepon atau WhatsApp.

Beberapa dari mereka mencari cara supaya layar tetap hidup saat melakukan panggilan tersebut. Mengenai cara mengatasi HP mati saat panggilan WhatsApp selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Memperbaiki HP Mati Saat Panggilan WhatsApp

Fitur atau sensor Proximity berguna untuk mematikan layar HP secara otomatis ketika pengguna mendekatkan HP ke pipi saat melakukan panggilan.

Fitur ini digunakan untuk berbagai tujuan, mulai dari untuk menghemat daya baterai, mencegah layar HP panas, mengurasi paparan radiasi dari layar ke area wajah, dan lain sebagainya.

Meskipun bukan sebuah masalah kerusakan, beberapa pengguna justru mengira hal ini terjadi karena adanya masalah error pada HP.

Mereka bahkan mencari cara untuk memperbaiki hal tersebut, sehingga layar HP tetap menyala saat teleponan.

Berikut cara memperbaiki HP mati saat panggilan WhatsApp selengkapnya, yakni:

1. Mematikan Sensor Jarak atau Proximity

Layar yang mati secara otomatis saat perangkat didekatkan ke pipi ketika panggilan WA berlangsung, ini adalah fungsi dari Sensor Jarak atau Proximity.

Baca Juga  10 Game Simulator Offline Terbaik untuk Android dan iOS Tahun 2022

Karena itulah, jika Anda ingin layar tetap menyala selama panggilan, maka caranya cukup nonaktifkan saja sensor tersebut.

Untuk langkah-langkah mematikannya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda buka menu Setelan atau Settings di HP.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi, lalu pilih Aplikasi Sistem.
  • Pada halaman daftar aplikasi sistem yang ditampilkan, selanjutnya Anda pilih Setelan Panggilan.
  • Kemudian klik pada opsi Setelan Panggilan Masuk.
  • Sekarang Anda cari Sensor Jarak atau Proximity, kemudian nonaktifkan fitur tersebut dengan menggerser tombol slidernya ke arah kiri.

Jika Anda tidak bisa menemukan fitur Sensor Jarak atau Proximity, maka bisa memanfaatkan fitur Pencarian yang ada di halaman Pengaturan atau Settings.

2. Membersihkan Sensor Fisik Proximity

Sensor Jarak atau Proximity biasanya diletakkan di bagian atas layar, bersebelahan dengan kamera depan atau LED flash. Sementara pada beberapa HP dengan layar poni atau kamera drop / kamera hole, biasanya sensor Proximity ini letaknya tersembunyi.

Beberapa HP menyematkannya di bagian speaker panggilan.

Bisa jadi karena pada sensor tersebut terdapat kotoran atau debu, sensor mengira itu adalah kulit pengguna. Karenanya, saat melakukan panggilan WhatsApp layar langsung mati, padahal HP tidak didekatkan ke area pipi.

Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu membersihkan bagian sensor tersebut dari debu dan kotoran. Caranya bisa menggunakan tusuk gigi, jarum ataupun penyedot debu mini.

Cara lainnya bisa Anda lakukan yakni dengan melakukan factory reset atau mengembalikan HP ke setelan awal pabrik.

Bisa jadi layar yang selalu mati saat panggilan WA ini bukan karena sensor Proximity, melainkan karena error pada sistem android.

Untuk melakukan reset HP android tersebut bisa dengan masuk ke menu Pengaturan >> Manajemen Umum >> Reset >> Reset Data Pabrik.

Baca Juga  Jangan Panik, Begini Cara Hapus Akun Twitter Sementara Dan Permanen

Jika masih tetap HP mengalami masalah layar mati saat panggilan WA, cara terakhir bisa dilakukan yakni dengan membawanya ke tukang servis HP.

Mungkin ada komponen hardware pada HP yang mengalami kerusakan sehingga menyebabkan masalah ini.

Itulah tadi cara mengatasi layar HP mati saat panggilan WhatsApp yang mudah dan ampuh. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Post

5 Cara Memperbaiki Galeri Telah Berhenti dan Keluar Sendiri di HP

Next Post

2 Langkah Terbaru Cara Menghapus Akun Telegram Sementara dan Permanen

Related Posts