Cek Disini, Cara Mudah Mencadangkan SMS di HP Android Yang Praktis

Cara Mencadangkan SMS di HP – Meskipun sudah tidak semenarik dulu, namun tetap saja layanan SMS masih sering digunakan oleh banyak orang. Misalnya saja untuk keperluan verifikasi akun dengan cara kirim kode verifikasi, berkirim pesan, atau hal yang lainnya. Yang pasti layanan SMS masih cukup diminati hingga saat ini. Apalagi beberapa provider masih menyediakan paket SMS murah untuk dinikmati.

Berbicara mengenai layanan SMS, ada kalanya pengguna perlu melakukan backup atau pencadangan. Misalnya saja saat ingin melakukan reset HP, di mana ia tidak ingin kehilangan data SMS di HP-nya tersebut. Sayangnya, sebagian besar pengguna belum tahu cara mencadangkan SMS di HP android tersebut. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mencadangkan SMS di HP Android Mudah dan Praktis

Untuk membackup data SMS di HP android, setidaknya ada dua cara yang bisa dilakukan. Kedua cara tersebut yakni mencadangkan pesan di HP dengan aplikasi dan tanpa aplikasi tambahan. Untuk melakukannya pun terbilang sangat mudah, bahkan tidak membutuhkan langkah-langkah yang panjang.

Adapun cara mencadangkan SMS di HP android yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Backup SMS di HP Tanpa Aplikasi

Cara yang pertama ini bisa dilakukan dengan tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Kita bisa memanfaatkan fitur pencadangan pesan yang ada di HP android, fitur ini sudah disediakan di hampir semua tipe dan merek HP android. Untuk langkah-langkah mencadangkan pesan di HP android tersebut, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda buka menu Pengaturan atau Settings di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Pengaturan Tambahan atau Additional Settings.
  • Gulir ke bawah, lalu klik pada opsi Cadangkan dan Reset atau Backup and Reset.
  • Ada beberapa opsi yang ditampilkan di sana, Anda pilih saja opsi Cadangkan & Pulihkan atau Backup and Restore.
  • Jika ingin baru pertama kali Anda lakukan, maka perlu membuat cadangan baru dengan klik Cadangan Baru atau New Backup.
  • Selanjutnya Anda pilih jenis data yang ingin dicadangkan. Dalam hal ini Anda pilih opsi Pesan atau SMS, lalu klik Mulai.
  • Kemudian Anda pilih tempat untuk mencadangkan pesan, baik itu Buat Cadangan ke Memori Internal atau Buat Cadangan ke Memori Eksternal.
  • Tinggal menunggu hingga proses pencadangan pesan selesai dan file bisa Anda temukan di penyimpanan yang dipilih tadi.
Baca Juga  Spesifikasi Lengkap dan Daftar Harga Vivo X80 Lite Terbaru Beserta Fiturnya - September, 2022

Data pesan yang sudah dibackup nantinya bisa direstore kembali dengan mudah. Selain mencadangkan pesan ke memori HP, pada beberapa merek HP juga menyediakan fitur pencadangan pesan ke cloud storage, misalnya Google Drive.

2. Backup SMS di HP dengan Aplikasi

Untuk cara yang kedua ini bisa menggunakan aplikasi tambahan untuk melakukan pencadangan data SMS di HP. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi bernama SMS Backup & Restore. Untuk cara melakukannya sendiri, yakni:

  • Pertama Anda download dan install aplikasi SMS Backup & Restore melalui Google Playstore. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.riteshsahu.SMSBackupRestore
  • Jika sudah, Anda jalankan aplikasi tersebut.
  • Untuk mulai membackup pesan, Anda klik menu Tiga Garis di pojok kiri atas tampilan. Kemudian klik pada opsi Back up now.
  • Selanjutnya Anda tentukan beberapa opsi pencadangan pesan. Pilih ingin membackup pesan saja atau juga sekaligus backup kontak. Kemudian pilih juga opsi penyimpanan untuk hasil backupnya.
  • Jika sudah, kemudian klik BACK UP yang ada di bawah tampilan.
  • Tinggal menunggu hingga proses backup data SMS selesai.

Itulah tadi dua cara mencadangkan SMS di HP android dengan dan tanpa aplikasi tambahan yang bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Post

Cara Memperbaiki Sayangnya Kalender Telah Berhenti di Android

Next Post

10 Game Simulator Offline Terbaik untuk Android dan iOS Tahun 2022

Related Posts