Cara Memperbaiki Sayangnya Kalender Telah Berhenti di Android

Sayangnya Kalender Telah Berhenti – HP android banyak dipilih salah satunya karena pengguna diberikan kebebasan untuk memasang dan menghapus aplikasi yang ada di dalamnya. Ada dua jenis aplikasi yang tersedia di HP android, yakni aplikasi bawaan dan aplikasi yang dipasang sendiri oleh pengguna. Untuk aplikasi bawaan atau bloatware, beberapa ada yang bisa dihapus dan ada pula yang tidak.

Berbicara mengenai aplikasi bawaan android, salah satu yang umum ditemukan yakni Kalender. Ini merupakan aplikasi khusus yang menampilkan kalender secara real-time. Adanya Kalender akan menjadi pengingat paling tepat bagi pengguna yang sering lupa tanggal atau hari spesial. Akan tetapi, ada kalanya aplikasi tersebut mengalami error, seperti aplikasi berhenti sendiri. Berikut cara mengatasi sayangnya Kalender telah berhenti di HP android yang bisa Anda simak dan terapkan.

Cara Memperbaiki Sayangnya Kalender Telah Berhenti di Android

Aplikasi Kalender yang mengalami error dan berhenti sendiri, biasanya akan memunculkan notifikasi khusus di layar yang bertulis “Sayangnya, Aplikasi Kalender Telah Berhenti”. Saat diklik OK, maka aplikasi Kalender akan keluar dengan sendirinya. Adapun cara mudah memperbaiki sayangnya Kalender telah berhenti selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart HP Android

Cara yang pertama untuk mengatasi Kalender selalu berhenti dan keluar sendiri di HP android yakni dengan melakukan restart. Cara ini memang ampuh mengatasi masalah tersebut, dan cukup mudah untuk melakukannya.

Baca Juga  Ternyata mudah, Cara Ganti Nomor WA di HP Android dan iPhone

Saat HP menyala, tekan dan tahan tombol Power atau Daya. Kemudian pilih opsi Restart atau Mulai Ulang. Tidak hanya mengatasi masalah error, cara ini juga akan mempercepat performa kinerja HP.

2. Menghapus File Cache Kalender

Jika cara di atas masih belum ampuh mengatasi Kalender berhenti sendiri, maka bisa lanjut melakukan cara kedua ini. Bisa jadi masalah tersebut disebabkan oleh file cache yang menumpuk di aplikasi Kalender. Untuk cara menghapusnya sendiri, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Manajemen Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Kalender yang ada di sana.
  • Pada halaman Info Aplikasi Kalender, Anda klik opsi Penyimpanan.
  • Kemudian klik tombol Hapus Cache atau Hapus Memori.

3. Menghapus File Data Kalender

Mungkin saja masalah error pada Kalender ini disebabkan karena adanya data corrupt di dalamnya. Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda bisa melakukan penghapusan data aplikasi Kalender tersebut. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Manajemen Aplikasi.
  • Selanjutnya cari dan pilih aplikasi Kalender.
  • Kemudian klik pada opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik tombol Hapus Data, dan konfirmasi penghapusan.

4. Update OS Android ke Versi Terbaru

Cara lainnya untuk mengatasi Kalender terus berhenti dan keluar sendiri, yakni dengan memperbarui OS Android ke versi terbaru. Masalah seperti ini bisa terjadi karena adanya error atau bug pada sistem android.

Untuk mengupdate OS Android ke versi baru bisa dengan masuk ke menu Pengaturan >> Pembaruan Perangkat Lunak. Cek apakah ada versi OS Android baru yang tersedia. Jika memang ada, maka lakukan pengunduhan dan penginstalan pembaruan sistem.

Baca Juga  Spesifikasi Dan Harga Oppo Reno8 5G Yang Rilis Tahun 2022, Cek Dulu Sebelum Membeli

5. Update Aplikasi Kalender

Jika Anda menggunakan aplikasi Kalender dari Google, maka cek apakah ada pembaruan versi aplikasi terbaru yang tersedia. Mengeceknya bisa melalui Google Playstore, kemudian lakukan update jika memang ada versi terbaru yang tersedia.

Itu tadi beberapa cara mengatasi sayangnya Kalender telah berhenti di HP android yang mudah dan ampuh bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Post

Cara Cepat Dan Mudah Memperbaiki Kamera HP Yang Terbalik

Next Post

Cek Disini, Cara Mudah Mencadangkan SMS di HP Android Yang Praktis

Related Posts