Cara Cepat Dan Mudah Memperbaiki Kamera HP Yang Terbalik

Memperbaiki Kamera HP Terbalik – Dewasa ini fitur kamera pada perangkat smartphone android semakin canggih. Bahkan hasil jepretan dari kamera HP tersebut sangat berkualitas dan disetarakan dengan hasil jepretan dari kamera DSLR. Tidak heran, kebanyakan orang sekarang melakukan perekaman video hanya berbekal perangkat smartphone. Dan juga untuk tujuan foto yang diunggah di situs microstock, juga mengambilnya menggunakan kamera HP.

Berbicara mengenai kamera pada HP android, terkadang ada masalah error yang terjadi. Misalnya saja kamera HP yang terbalik sehingga melakukan perekaman atau pengambilan foto menjadi kurang nyaman. Lantas, bagaimana cara memperbaiki kamera HP terbalik tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Memperbaiki Kamera HP Terbalik yang Mudah

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kamera terbalik di HP android. Mulai dari fitur cermin atau mirror yang diaktifkan, error pada aplikasi kamera, bug pada sistem android dan juga kerusakan pada komponen kamera. Apa pun penyebabnya, yang paling penting di sini adalah bagaimana cara mengatasi masalah error pada kamera yang terbalik tersebut.

Adapun cara memperbaiki kamera HP terbalik yang ampuh selengkapnya, sebagai berikut:

1. Matikan Fitur Cermin atau Mirror di HP

Kamera yang terbalik di HP android bisa jadi karena Anda telah mengaktifkan fitur Cermin atau Mirror di dalamnya. Sudah pasti fitur ini akan membuat tampilan kamera seakan terbalik layaknya pantulan cermin. Fitur semacam ini bisa ditemukan di beberapa merek dan tipe HP, misalnya saja di HP Samsung dan OPPO.

Baca Juga  Spesifikasi Lengkap dan Daftar Harga Honor X40 Terbaru Beserta Fiturnya - September, 2022

Untuk cara menonaktifkan fitur tersebut, yakni:

  • Buka aplikasi Kamera yang ada di HP android.
  • Kemudian menu Pengaturan atau ikon Gerigi yang ada di bagian atas tampilan kamera.
  • Pada halaman pengaturan kamera, Anda cari fitur Cermin atau Mirror.
  • Kemudian matikan fitur tersebut dengan menggeset tombol slidernya ke arah kiri.

Pada beberapa merek dan tipe HP ada yang diberikan nama berbeda untuk fitur ini, seperti fitur Flip, Balik, Mirrored Photo dan lain sebagainya.

2. Menghapus Cache dan Data Kamera

Jika sudah menerapkan cara di atas, tetapi kamera tetap saja terbalik, maka bisa lanjut menerapkan cara ini. Anda perlu melakukan penghapusan file cache dan data dari aplikasi Kamera tersebut. Biasanya dengan cara ini masalah kamera terbalik akan langsung teratasi. Untuk langkah-langkah menghapus file cache dan data kamera tersebut, yakni:

  • Buka menu Pengaturan yang ada di perangkat smartphone.
  • Kemudian masuk ke opsi Manajer Aplikasi.
  • Selanjutnya Anda cari dan pilih aplikasi Kamera.
  • Kemudian masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Lanjutkan dengan klik pada tombol Hapus Cache atau Hapus Memori.
  • Lalu klik juga pada tombol Hapus Data dan lakukan konfirmasi penghapusan.

Biasanya setelah dilakukan cara ini, tampilan kamera HP akan kembali normal. Namun, semua pengaturan di dalamnya akan kembali ke mode default.

3. Menggunakan Aplikasi Kamera Pihak Ketiga

Bisa jadi kamera yang terbalik ini disebabkan oleh adanya error dan bug pada aplikasi kamera bawaan. Untuk itu, Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengatasi masalah error seperti ini.

Ada banyak pilihan aplikasi kamera terbaik di Google Playstore, hampir semua aplikasi tersebut bisa Anda gunakan secara gratis.

4. Servis HP Android

Kamera yang terbalik mungkin juga disebabkan karena komponen kamera yang mengalami kerusakan. Untuk itu, Anda perlu membawanya ke tempat servis HP untuk memperbaikinya. Atau jika masih ada masa garansi, maka Anda bisa melakukan klaim garansi HP tersebut.

Baca Juga  Spesifikasi Lengkap dan Daftar Harga Realme C30s Terbaru Beserta Fiturnya - September, 2022

Itulah tadi beberapa cara memperbaiki kamera HP terbalik yang mudah dan ampuh bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Post

5 Langkah Mudah Memperbaiki HP Mode Headset Tidak Mau Hilang

Next Post

Cara Memperbaiki Sayangnya Kalender Telah Berhenti di Android

Related Posts