Bagaimana Cara Menghilangkan Virus Pada HP Android Paling Ampuh?

Cara Menghilangkan Virus di HP – Bukan hanya di perangkat berbasis Windows saja, di perangkat HP android juga sering ditemukan virus yang menyusup ke dalamnya.

Adanya virus ini tentu membahayakan bagi perangkat dan juga data penting yang ada di dalamnya. Bisa jadi virus yang masuk ke sistem android dapat merusaknya, sehingga membuat HP mengalami error bahkan mati total.

Penting sekali bagi pengguna untuk rutin melakukan pembersihan virus di HP androidnya tersebut. Sayangnya, masih banyak pengguna yang mengabaikan hal ini.

Alhasil, smartphone androidnya terlanjur terserang virus dan membuatnya error, bahkan tidak jarang terjadi pencurian data. Berikut ini cara menghilangkan virus di HP android yang ampuh dan mudah bisa Anda simak dan terapkan.

Cara Menghilangkan Virus di HP Android Paling Ampuh

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan virus di HP android. Yang pasti cara-cara ini sangat mudah dilakukan, bahkan bagi Anda yang masih awam.

Adapun cara menghilangkan virus di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menggunakan Aplikasi Antivirus

Cara yang paling mudah dan ampuh untuk membersihkan virus pada perangkat smartphone android yakni dengan memanfaatkan aplikasi antivirus.

Aplikasi semacam ini memang dirancang khusus untuk menghilangkan virus yang menjangkit pada sistem android.

Beberapa aplikasi bahkan bisa Anda gunakan secara gratis, meskipun tersedia pula versi berbayar dengan fitur yang lebih lengkap dan performa powerful.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, bisa dengan hanya satu kali klik Pembersihan atau Clean saja. Beberapa jenis aplikasi antivirus terbaik di android bisa Anda gunakan, seperti:

  • Avast Antivirus & Proteksi
  • AVG AntiVirus & Security
  • Malwarebytes Mobile Security
  • OneBooster
  • Kaspersky Antivirus & VPN
Baca Juga  Spesifikasi Dan Harga Oppo Reno8 5G Yang Rilis Tahun 2022, Cek Dulu Sebelum Membeli

2. Menghapus Aplikasi yang Terjangkit Virus

Selain cara di atas, Anda juga perlu mengetahui aplikasi mana saja yang terinfeksi oleh virus. Jika sudah menemukannya, maka langsung saja lakukan penghapusan atau uninstall pada aplikasi tersebut.

Aplikasi yang terjangkit virus biasanya memiliki ciri-ciri khusus, seperti aplikasi tidak bisa dijalankan, terdapat banyak iklan brutal, hingga terblokirnya oleh sistem android.

Aplikasi yang terjangkit virus ini umumnya aplikasi yang diinstall dari luar Google Playstore. Untuk menghapus aplikasi tersebut, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  • Lanjutkan dengan pilih aplikasi yang terinfeksi virus.
  • Lalu klik Hapus Instalasi atau Uninstall.

3. Lakukan Reset HP Android

Jika sudah terlalu parah virus menyerang sistem android, cara terbaik untuk mengatasinya yakni dengan melakukan factory reset atau mengembalikan HP ke setelan pabrik.

Cara ini akan menghapus semua data di memori internal HP. Karena itulah, lakukan backup data terlebih dahulu jika dirasa ada data penting di dalamnya.

Untuk melakukan reset HP android cukup mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Manajemen Umum.
  • Selanjutnya klik pada opsi Reset.
  • Lanjutkan dengan klik Reset Data Pabrik, kemudian konfirmasi penghapusan.

4. Lakukan Flashing HP Android

Melakukan reset HP android dirasa kurang mempan, maka bisa lanjut dengan melakukan flashing. Cara ini tidak hanya akan menghapus data sistem android, melainkan juga mengganti firmware atau ROM dengan yang baru.

Untuk itu, Anda perlu menyiapkan firmware HP sesuai tipe yang dimiliki. Mengunduhnya sendiri bisa melalui situs resmi HP yang Anda miliki.

Selain itu, melakukan flashing HP juga membutuhkan perangkat dan bahan tambahan, seperti PC atau laptop, kabel data, dan juga software FlashTool.

Baca Juga  Spesifikasi Lengkap dan Daftar Harga OnePlus 10R 5G Prime Blue Edition Terbaru Beserta Fiturnya - September, 2022

Itulah tadi beberapa cara menghilangkan virus di HP android paling ampuh dan mudah bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Post

Tanpa Ribet,Cara Ganti Nomor Telegram di Android

Next Post

Daftar Harga Paket Internet Oxygen 2022

Related Posts