5 Langkah Mudah Memperbaiki HP Mode Headset Tidak Mau Hilang

HP Mode Headset Tidak Mau Hilang – Mendengarkan musik paling puas dengan memasang headset di telinga, di mana suara akan lebih jelas terdengar. Baik itu memutar musik di PC, audio player ataupun perangkat HP, headset memang menjadi salah satu perangkat wajib yang harus digunakan. Apalagi beberapa merek headset atau earphone saat ini sudah menyematkan beragam fitur canggih untuk memberikan pengalaman yang lebih maksimal dalam mendengarkan musik.

Menggunakan headset atau earphone pada HP android, biasanya akan muncul logo headset di bagian atas layar. Ini menandakan headset atau earphone sudah terhubung dengan HP dan siap digunakan. Akan tetapi, terkadang logo headset tersebut tetap saja muncul, padahal headset sudah terputus. Lantas, bagaimana cara mengatasi HP mode headset tidak mau hilang tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Memperbaiki HP Mode Headset Tidak Mau Hilang

Mode headset yang tidak bisa hilang di HP android ini sering terjadi ketika kita menggunakan headset bluetooth. Namun, bukan tidak mungkin penggunaan headset dengan sambungan kabel juga mengalami hal serupa. Adapun cara mudah mengatasi HP mode headset tidak mau hilang selengkapnya, sebagai beriktu:

1. Lakukan Restart HP Android

Cara yang paling mudah dan ampuh mengatasi mode headset terus muncul di HP, yakni dengan melakukan restart atau mulai ulang. Cara ini akan menghapus semua file cache dan sampah di HP, serta biasanya juga mengatasi masalah error ringan yang dialaminya.

Baca Juga  Ternyata mudah, Cara Ganti Nomor WA di HP Android dan iPhone

Setelah selesai direstart, biasanya mode headset atau logo headset di HP tersebut akan hilang dengan sendirinya.

2. Pasang dan Cabut Kembali Headset

Mungkin saja mode headset yang tidak mau hilang dikarenakan adanya error pada HP. Untuk mengatasinya bisa dengan memasangkan atau menancapkan konektor headset ke port audio yang ada di HP.

Tunggu beberapa saat, kemudian lepaskan lagi konektor headset yang terpasang tersebut. Dengan cara ini mode headset yang tidak bisa hilang tadi sudah tidak muncul lagi di layar HP.

3. Bersihkan Port Audio di HP

Adanya kotoran atau debu yang menempel di lubang port audio atau headset biasanya juga bisa menjadi penyebab mode headset terus muncul. Karena itulah, untuk mengatasi permasalahan satu ini cukup dengan melakukan pembersihan pada lubang port tersebut.

Anda bisa menggunakan jarum atau tusuk gigik untuk membersihkannya. Pastikan Anda melakukannya secara perlahan agar tidak merusak bagian dalam port audio tersebut. Jika ingin lebih praktis, Anda bisa memanfaatkan alat vacuum cleaner mini yang biasanya digunakan untuk membersihkan bagian tersulit pada perangkat laptop.

4. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Alternatif lainnya untuk mengatasi mode earphone atau headset terus aktif yakni dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi semacam ini dirancang khusus untuk menampilkan switch yang gunanya sebagai pengaktif dan penonaktifan mode headset atau earphone tersebut.

Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan yakni bernama Earphone Mode Off. Anda bisa menginstallnya melalui Google Playstore secara gratis. Tinggal Anda jalankan aplikasi tersebut, lalu klik Mode Off untuk mematikan atau menghilangkan mode headset tersebut.

5. Lakukan Reset HP Android

Dan cara terakhir untuk mengatasi mode earphone tidak mau hilang yakni dengan melakukan factory reset. Bisa jadi masalah error sudah terlalu parah dan merusak sistem android, sehingga cara ini harus Anda lakukan.

Baca Juga  Spesifikasi Lengkap dan Daftar Harga Itel Vision 3 Turbo Terbaru Beserta Fiturnya - September, 2022

Untuk mereset HP android bisa dengan masuk ke menu Pengaturan >> Manajemen Umum >> Reset >> Reset Data Pabrik. Sebaiknya Anda lakukan backup data terlebih dahulu jika ada data penting yang tersimpan di memori internal HP.

Itu tadi cara memperbaiki HP mode headset tidak mau hilang yang ampuh bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Post

2 Langkah Terbaru Cara Menghapus Akun Telegram Sementara dan Permanen

Next Post

Cara Cepat Dan Mudah Memperbaiki Kamera HP Yang Terbalik

Related Posts