5 Cara Memperbaiki Galeri Telah Berhenti dan Keluar Sendiri di HP

Memperbaiki Galeri Telah Berhenti

Menu Galeri berfungsi sebagai aplikasi untuk mengelola file media yang disimpan di HP android, baik itu gambar maupun video. Melalui menu Galeri ini Anda bisa dengan mudah melihat file gambar atau video yang disimpan di memori.

Selain itu, memindahkan file dari album satu ke album lainnya serta juga membuat album baru bisa dilakukan dengan mudah melalui Galeri tersebut.

memperbaiki galeri di HP terhenti

Ada kalanya aplikasi Galeri yang ada di HP android mengalami error sehingga tidak bisa digunakan sebagaimana biasanya.

Salah satu masalah error yang sering terjadi pada menu Galeri di HP yakni aplikasi yang berhenti sendiri. Biasanya akan muncul juga notifikasi bertulis “Sayangnya, Aplikasi Galeri Telah Berhenti”.

Lantas, bagaimana cara memperbaiki Galeri telah berhenti tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Memperbaiki Galeri Telah Berhenti dan Keluar Sendiri di HP

Untuk mengatasi masalah error pada Galeri HP yang keluar dan berhenti sendiri, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Yang pasti cara-cara ini sangat mudah dilakukan, bahkan bagi Anda yang masih awam.

Cara-Memperbaiki-Galeri-Telah-Berhenti-dan-Keluar-Sendiri-di-HP

Adapun cara mudah memperbaiki Galeri telah berhenti di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart HP

Menu Galeri yang telah berhenti dan keluar sendiri seperti ini, umumnya disebabkan oleh banyaknya file cache yang tersimpan di memori. Untuk itu, mengatasi permasalahan error tersebut bisa dengan menghapus file cache.

Baca Juga  Cara Mudah Dalam Memperbaiki HP Mati Saat Panggilan WhatsApp

Caranya dengan melakukan restart HP android, maka permasalahan error ini akan terselesaikan.

Tidak hanya mengatasi masalah error pada HP, melakukan restart HP juga akan membuat performa kinerjanya menjadi lebih cepat dan responsif.

2. Menghapus File Cache Galeri

Selain file cache sistem, aplikasi di android juga menyimpan sendiri file cache di dalamnya. Sama halnya seperti di atas, file cache aplikasi ini bisa menyebabkan error jika dibiarkan dalam waktu lama. Karena itulah, Anda perlu melakukan penghapusan pada file tersebut untuk mengatasi error pada Galeri.

  • Pertama buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Galeri dari daftar.
  • Kemudian masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Lalu klik tombol Hapus Cache atau Hapus Memori.

3. Menghapus File Data Galeri

Jika cara di atas masih belum bisa mengatasi Galeri terus berhenti dan keluar sendiri, maka bisa lanjut dengan menghapus data di dalamnya. Cara ini akan menghapus semua data dan pengaturan dari Galeri.

  • Pertama buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian klik pada opsi Aplikasi.
  • Lanjutkan dengan mencari dan pilih aplikasi Galeri.
  • Kemudian klik pada opsi Penyimpanan.
  • Lalu klik tombol Hapus Data, dan konfirmasi penghapusan.

4. Memperbarui OS Android

Error pada aplikasi Galeri bukan hanya terjadi akibat bug di dalamnya, melainkan bisa juga karena bug pada sistem android. Bisa jadi hal ini dikarenakan OS Android di HP masih menggunakan versi lama. Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan pembaruan OS Android ke versi terbaru.

Caranya dengan masuk ke menu Pengaturan, lalu pilih opsi Pembaruan Perangkat Lunak. Jika memang tersedia versi OS Android terbaru di sana, maka Anda lakukan pengunduhan dan penginstalan.

Baca Juga  10 Game Simulator Offline Terbaik untuk Android dan iOS Tahun 2022

5. Reset HP Android

Dan cara terakhir untuk mengatasi Galeri telah berhenti di HP android yakni dengan melakukan reset HP. Cara ini bisa dilakukan jika aplikasi yang mengalami error bukan hanya Galeri, melainkan sebagian besar aplikasi lain di HP.

Untuk melakukan reset HP bisa dengan masuk ke menu Pengaturan >> Manajemen Umum >> Reset >> Reset Data Pabrik.

Itulah tadi beberapa cara memperbaiki Galeri telah berhenti dan keluar sendiri di HP android bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Post

Ternyata mudah, Cara Ganti Nomor WA di HP Android dan iPhone

Next Post

Cara Mudah Dalam Memperbaiki HP Mati Saat Panggilan WhatsApp

Related Posts