Cara Mudah Merontokkan Karang Gigi

Iklan Semua Halaman

Cara Mudah Merontokkan Karang Gigi

Friday, 25 September 2015

Tirtaindonesia.com, Maros -- Menurut drg.Bravo Roy Rieuwpassa “ dokter gigi Puskesmas Tompobulu Maros” mengatakan bahwa dari 6 (enam) cara merontokkan karang gigi tersebut hanya 2 (dua) yang paling baik yakni pada point 1 dan point 6 karena selain bernilai promotif dan preventif juga dapat bernilai ekonomis. Hal ini dapat dilihat dengan proram PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat) sejak dini disekolah dengan menganjurkan agar dapat menggosok gigi setiap selesai makan, sehingga kita tidak menunggu gigi tersebut membentuk karang baru kita tindaki baik secara medis maupun tradisional.

1. Perlu diketahui bahwa membersihkan gigi ketika selesai makan adalah cara yang tepat untuk menghindari karang gigi. Setidaknya setiap anda makan pagi, siang dan sore, gigi anda harus dibersihkan dengan sikat gigi yang halus, rajin menggosok gigi dapat menghilangkan kotoran sisa-sisa makanan di selah-selah gigi, gosok gigi secara teratur itu poin pertama yang wajib anda lakukan.

2. Metode yang kedua untuk menghilangkan karang gigi adalah dengan memakan buah apel, konon buah apel sangat bermanfaat untuk menghilangkan karang gigi, yaitu konsumsilah buah apel tanpa mengupas kulit luarnya setelah selesai makan malam sangat dianjurkan.

3. Resep dari nenek moyang kita ini bisa anda coba, yaitu dengan menggunakan cengkeh. Cengkeh sangat bagus untuk kesehatan gigi, nenek moyang kita sering sekali membersihkan gigi dengan cengkeh dan campuran daun sirih, lihat gigi mereka yang sering ngemut ramuan tersebut, gigi mereka masih kuat dan sehat. Jika anda ingin mencobanya lakukan dengan cara menumbuk hingga halus cengkeh yang telah kering lalu gosokan pada gigi anda hingga benar-benar bersih lalu kumur-kumur dengan air untuk membersihkannya. Gigi bersih dari karang dan nafaspun segar.

4. Cara ini agak sedikit ekstrim, namun bisa anda coba yaitu dengan bata merah. Ya batu bata merah sangat efektif untuk menghilangkan karang atau kerak gigi. Hanya dengan menghaluskan batu bata dan setelah itu gosokan pada gigi yang terdapat kerak atau karang hingga benar-benar bersih.

5. Selain beberapa cara diatas, anda juga bisa mencoba menghilangkan karang gigi dengan biji asam kawak. Biji asam kawak yang di sangrai kemudian ditumbuk hingga halus dapat digunakan sebagai penghilang karang gigi. Hanya dengan menggosokan hasil tumbukan biji asam kawak ke gigi berkarang, jika ingin mudah membersihkannya, anda bisa menggunakan sikat gigi.

6. Yang terakhir adalah hindarilah rokok. Rokok sangat mudah sekali membuat gigi kuning dan berkarang, berhenti merokok bagi anda seorang perokok memang agak susah, akan tetapi anda bisa mengurangi porsi rokok anda per hari.( Hatta )